Studi al-Qur’an Komprehensif 2 (Ulumul al-Qur’an)

Studi al-Qur’an Komprehensif 2 (ulum al-Qur’an)
Penulis : Syaikhul Islam Ibnu Qudamah
Ukuran : 16 × 24 cm
Halaman : 992 hlm
Harga : Rp. 145.000
Al-Qur’an adalah sumber segala ilmu, orbit semua ilmu, sekaligus tempat terbit segala jenis ilmu. Di dalamnya, Allah SWT memuat pengetahuan tentang segala sesuatu, serta menjelaskan perkara-perkara yang benar dan sesat. Dari Al-Qur’an inilah para ulama mengambil rujukan.
Ahli fikih menjadikan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai sumber tertinggi dalam menetapkan kaidah halal dan haram. Ahli ilmu nahwu telah menjadikannya sebagai sandaran dalam kaidah-kaidah i’rabnya dan menjadikannya sebagai rujukan dalam mengetahui salah dan benarnya suatu perkataan. Ulama ahli balaghah (sastra) menjadikan Al-Qur’an sebagai standar untuk mengetahui susunan kata yang baik dan teratur, dan menjadikan berbagai keindahan bahasanya sebagai standar untuk membuat ungkapan kata. Kisah-kisah dan berita-berita di dalamnya menjadi peringatan bagi orang-orang yang berakal, nasihat-nasihat dan ilustrasi-ilustrasinya  menjadi pengingat bagi orang-orang yang berpikir dan mau mengambil pelajaran.
Subhanallah, betapa dahsyatnya Al-Qur’an. Sebagai muslim sejati, yang menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan tertinggi, mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an adalah kewajiban yang sangat tinggi. Dalam karyanya yang fenomenal ini, Imam Suyuthi menyusun ilmu-ilmu dalam Al-Qur’an itu secara urut dan rapi, kemudian diuraikan secara terperinci. Selain itu, beliau juga menambahkan berbagai faedah, kaidah, penjelasan dan berbagai keunikan yang istimewa. Inilah kitab mulia yang beliau beri nama al-Itqan fi Ulumil Qur’an. Kitab kedua yang wajib Anda miliki setelah Al-Qur’an itu sendiri. Dengan membaca kitab ini, maka akan terbentang luas di depan Anda, betapa dahsyatnya kandungan Al-Qur’an, dan betapa meruginya jika kita tidak menjadikan kitab agung itu sebagai panutan.

0 komentar:

Posting Komentar